Minggu, 13 Juni 2010

Hasiat Tapak Dara , untuk diabetes dan leukimia

Hasiat Pohon Tapak Dara
Tapak Dara
S iapa tak kenal dengan pohon ini , mungkin anda pernah atau hanya sepintas melihat pohon ini. Tapak dara memang tumbuhan yang mudah berkembang dia bisa tumbuh di dataran rendah hingga ketinggian 800 meter diatas permukaan laut.



Tapak dara masih satu keluarga dengan tumbuhan kamboja, diduga berasal dari amerika Tengah dan India, dan ada juga yan menyebut Tapak Dara ini berasal dari Madagaskar makanya masyarakat Eropa menjuluki Madagaskar Periwinkle.

Tapak Dara biasanya digunakan sebagai tanaman hias dirumah rumah, dibalik keindahan bunganya terdapat hasiat yang banyak atas tumbuhan ini. Memang sayangnya kita semua jarang yang mengetahui khasiatnya. Tumbuhan yang mempunyai nama ilmiah Chataranthus roseus ( L ) ini , semua bagian pohonnya mulai dari akar, batang, daun hingga bunganya ... kesemuanya mengandung unsur unsur zat kimiawi yang bermanfaat untuk pengobatan. Adapaun zat kimiawi yang terkandung di Tapak Dara adalah vinkristin, vinrosidin, vinblastin, dan vinleorosin .

Lalu apa yah yang bisa diobati atau manfaat dari Tapak Dara ini. Dari berbagai sumbe ternyata Tapak Dara bisa untuk mengobati: Diabetes, Leukimia, hipertensi, asma, bronhitish, demam, radang perut, disentri kurang darah , gondong , bisul, borok, luka bakar, luka baru dan bengkak.

Ahhhh ternyata banyak juga manfaatnya .... Gimana cara pemanfaatannya yah ? Tunggu aja tulisan saya selanjutnya.



Bookmark and Share
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar