Minggu, 27 Juni 2010

Kemuning atasi bisul dan Rematik

Kemuning atasi Bisul dan Rematik
Bunga Kemuning
J ika menyebut tanaman Kemuning, orang biasanya berasumsi tanaman ini merupakan tanaman hias. Tetapi siapa sangka tanaman cantik ini juga bisa juga digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Salah satunya untuk bisul dan melangsingkan tubuh.



Kemuning atau Murraya Paniculata Jack sempat menjadi buah bibir dikalangan penggemar tanaman karena bunga dan daunnya bisa digunakan sebagai product herbal. Tumbuhan ini bisa hidup di dataran rendah hingga dataran tinggi. banyak ragam pohon jenis ini, namun secara keseluruhan , kemuning merupakan tanaman semak bercabang banyak dengan tinggi 3 - 8 meter. batangnya keras, beralur dan tidak berduri.

Bagian kemuning yang bisa dimanfaatkan adalah daun , ranting , kulit batang serta akarnya.

Daun dan ranting berguna untuk mengatasi : Radang buah zakar ( orchitis ) , radang saluran nafas ( bronkitis ) , infeksi saluran kencing, kencing nanah, keputihan, haid tidak teratur, lemak tubuh berlebih, pelangsing, nyeri pada tukak ( ulkus ) , sakit gigi, kulit kasar.

Akar berguna unutuk mengatasi : memar akibat benturan atau terpukul, nyeri rematik atau keseleo, digigit serangga dan ular berbisa, bisul, ekzema, koreng.

Kulit batang berguna untuk mengatasi , sakit gigi, nyeri akibat luka terbuka di kulit atau selaput lendir ( ulkus ).


Gimana caranya yahhhhhh ? tunggu tulisan berikut.



Bookmark and Share
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar